Jumat, 11 Januari 2019

E-MARKETING


Pengertian E-Marketing

Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).

Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.

Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Studi Kasus Menerapkan Email Marketing Untuk Toko Online Di Instagram atau Facebook

Studi kasus ini datang dari Flanelshop Indonesia. Sebuah toko online yang khusus menjual kain flanel dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kreasinya.

Flanelshop Indonesia memang mempunyai website, tetapi untuk studi kasus penerapan email marketing untuk toko online kali ini kita fokuskan hanya di Instagram dan Facebook saja.


Cara yang dilakukan oleh Flanelshop Indonesia sangatlah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda.

[1] Membuat lead magnet

Cara pertama yang dilakukan adalah membuat lead magnet. Mereka menjadikan pola gratis sebagai lead magnetnya. Pola gratis ini nantinya digunakan sebagai bahan barter dengan alamat email. Sehingga pihak Flanelshop Indonesia mendapatkan alamat email, sedangkan yang mendownload mendapatkan pola gratis.

Anda bisa menggunakan cara lainnya seperti ebook, kupon diskon, video, dll sebagai lead magnetnya.

[2] Menggunakan Landing Page dari KIRIM.EMAIL

Langkah berikutnya adalah membuat landing page. Diawal kami sudah bilang bahwa untuk studi kasus ini Flanelshop Indonesia tidak menggunakan website.

Untuk membuat landing page ini bisa Anda pakai fitur yang ada di KIRIM.EMAIL yang bernama Landing Page Builder.

Keunggulannya kita bisa membuat landing page yang menarik dan responsive tanpa perlu menyediakan hosting dan domain. Kita tinggal pakai dan publish saja.

[3] Menggunakan aplikasi short url

Berikutnya setelah landing page jadi adalah dengan membuat url baru dengan aplikasi short url seperti bit.ly atau goo.gl. Tujuannya adalah untuk memperpendek url supaya mudah dihafalkan dan untuk menyembunyikan url aslinya.

[4] Memposting & mempromosikannya di Instagram dan Facebook

Untuk Facebook mungkin sudah banyak yang tahu cara ini. Anda tinggal share lead magnet Anda beserta halaman untuk mendowloadnya. Selesai. Karena secara default Facebook bisa mengenerate link yang kita bagikan di sana.

Namun berbeda dengan Instagram. Di Instagram Anda memang bisa menempatkan link di setiap post. Namun ketika akan di klik maka link tersebut hanya berupa teks yang tidak bisa di klik. Untuk membukanya harus dengan copy-paste.

Dan satu-satunya cara untuk menempatkan link adalah dibagian pengaturan profilenya. Maka dari itu Anda perlu menulis bagian bio di Instagram sedemikian rupa supaya orang tahu kalau disitu ada link.

Perkembangan Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Komunikasi Pemasaran Global

Para profesional humas dengan tanggung jawab internasional mereka harus mampu melampaui hubungan media dan melayaninya lebih dari sekedar sebagai corong perusahaan, mereka dituntut untuk secara bersama-sama membangun konsensus dan pemahaman, menciptakan kepercayaan dan harmoni, pandai bicara dan mempengaruhi opini publik, mengantisipasi konflik dan menyelesaian perselisisihan.

Salah satu konsep dasar dari praktik humas adalah mengetahui siapa yang menjadi pendengar atau pemirsa. Bagi praktisi humas global, ini berarti mengetahui pemirsa di negara asal dan negara tuan rumah. Untuk itu, dibutuhkan keahlian khusus termasuk kemampuan berkomunikasi dalam bahasa negara tuan rumah dan akrab dengan adat istiadat lokal.

Strategi Komunikasi Pemasaran Global
Ø  Sebuah organisasi harus mengadaptasikan pesan eksternalnya agar bisa sesuai dengan kondisi negara lokal atau regional. Kebijakan standarisasi sukar dituntaskan karena menyangkut pertimbangan strategik dan kemampuan memahami lingkungan global secara komprehensif.
Ø  Masing-masing merek perusahaan harus memiliki kepribadian merek yang kuat sehingga berhasil menciptakan identifikasi global dan nilai merek superior yang mampu melintasi berbagai budaya yang berbeda. 

Sumber :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-marketing-electronic-marketing.html
https://kirim.email/studi-kasus-menerapkan-email-marketing-untuk-toko-online-di-instagram-atau-facebook/
http://manajemen-l.blogspot.com/2011/04/komunikasi-pemasaran-global.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar